Kamis, 19 November 2015

Hard News

Hard News yakni berita yang memiliki nilai lebih dari segi aktualitas dan bersifat amat sangat penting untuk diberitakan. Ada juga yang mengartikan Hard News dengan berita-berita yang bertema 'serius', seperti berita tentang kejahatan, kerusuhan, perang, musibah, politik, peristiwa-peristiwa penting, dan lain-lain. Syarat untuk menciptakan hard news yang baik adalah, harus menggunakan unsur 5W + 1H (what, who, when, where, why, how)

Contoh Hardnews :

Ada Ancaman Bom, Pesawat dari Polandia Mendarat Darurat di Bulgaria

 Sebuah pesawat yang bertolak dari Polandia terpaksa melakukan pendaratan darurat di wilayah Bulgaria timur pada Kamis (19/11) pagi waktu setempat dikarenakan ancaman bom.

Pesawat yang mengangkut 161 orang tersebut bertolak dari Warsawa, Polandia menuju Mesir ketika salah seorang penumpang mengumumkan bahwa ada bahan peledak di pesawat.

"Pesawat melakukan pendaratan darurat di bandara Burgas pada pukul 05.45 (waktu setempat) setelah seorang penumpang mengatakan ada bom di pesawat," tutur Kristina Neykova, juru bicara bandara Burgas seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (19/11/2015).

Begitu pesawat mendarat, seluruh penumpang diturunkan dari pesawat. Otoritas keamanan Bulgaria pun melakukan pemeriksaan menyeluruh di dalam pesawat. Namun setelah dilakukan pencarian, tidak ditemukan adanya bahan peledak.

Penumpang pria yang menyebut soal bom telah ditangkap polisi. Tidak disebutkan identitas pria berumur 60-an tahun itu. Namun saat diinterogasi polisi, dia mengaku telah mengkonsumsi alkohol.

Akibat insiden ini, bandara Burgas ditutup sementara.

Juru bicara maskapai penerbangan nasional Polandia, LOT menyatakan pesawat bernomor penerbangan LLP8015 tersebut bukan milik maskapai tersebut, namun merupakan pesawat carteran yang bertujuan ke kota Hurghada, Mesir. 

Referensi :
http://www.romelteamedia.com/2014/06/jenis-jenis-berita-jurnalistik.html
http://news.detik.com/internasional/3075465/ada-ancaman-bom-pesawat-dari-polandia-mendarat-darurat-di-bulgaria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar